Langsung ke konten utama

Cara menggunakan Google Form untuk Pemula

Hai para pembaca sekalian, saya akan mengulas sedikit mengenai Bagaimana cara menggunakan Google Form dengan mudah. Sebelumnya, mungkin masih banyak yang tidak tahu kegunaan dari fitur Google yang satu ini. Secara garis besar berkaitan dengan kegiatan survey secara online, namun kebanyakan pelajar menggunakan fitur ini sebagai media pembuatan kuesioner elektronik.

Baiklah, mari kita mulai tutorial penggunaan Google Form untuk membuat kuesioner elektronik (pada kesempatan ini, kasusnya adalah pembuatan undangan online):

Langkah Ke-1

Untuk dapat menggunakan Google Form, kalian harus Sign-In pada akun Google kalian, lalu bukalah link berikut ini: https://docs.google.com/forms/u/0/
Lalu akan tersedia tampilan sebagai berikut:


Dari gambar di atas, saya akan bagi menjadi beberapa bagian untuk diulas secara singkat:
 


Bagian 1 merupakan Menu Utama dari Google Forms, disini kalian bisa beralih ke laman Google Docs, Google Sheets, ataupun Google Slides. Kalian juga dapat membuka Pengaturan, Help&Feedback, dan juga Google Drives.

Bagian 2 merupakan bagian yang dapat kalian klik jika ingin membuat Form Kosong baru, namun apabila bukan itu yang ingin kalian buat, maka ada baiknya melihat berbagai macam Template yang disediakan oleh google pada Bagian 3

Bagian 4, 5, dan 6 merupakan menu-menu yang kalian jumpai pada akun Google kalian yang berisi berbagai fitur-fitur Google, notifikasi akun, pengaturan dan juga sign-out akun Google kalian.

Bagian 7 merupakan salah satu file yang telah kalian buat. Jika kalian klik bagian tsb, maka akan muncul Form yang telah kalian buat tadi (contoh dalam gabar yaitu form "Untitled form")

Pada Bagian 8, kalian dapat mengubah tampilan menjadi Grid, mengurutkan file sesuai abjad, ataupun membuka suatu file yang kalian simpan.

Terakhir, yaitu Bagian 9 berfungsi untuk mengubah nama file yang telah disimpan, menghapusnya, maupun membuka file tsb di tab baru.


Langkah Ke-2

Setelah kalian memilih template mana yang akan kalian gunakan, maka selanjutnya adalah mulai mengisi/mendesain form kalian tersebut. 
 

 
Contohnya, saya akan membuat undangan untuk suatu acara. Maka pilih template RSVP.

Sekali lagi, mari kita ulas secara singkat mengenai fungsi dari masing-masing bagian yang ada pad gambar di bawah ini:

 

 
Bagian 1 berguna untuk menambahkan pertanyaan (Add Question). Misalkan dalam kasus ini, kalian akan membuat undangan online yang berisikan isian identitas untuk tamu undangan, maka dengan mengklik bagian ini, kalian akan dapat menambahkan pertanyaan yang harus diisi oleh tamu kalian tersebut (co: Nama, Status, Kesediaan hadir pada, dst)

Bagian 2 yaitu import question. Gunanya adalah memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah pernah kalian buat pada google form. Ketika kalian mengklik bagian ini, akan ada pop-up box yang berisi form-form kalian. Setelah selesai memilih form yang ingin dimasukkan, klik "select "

Bagian 3 adalah Add Title and Description. Bagian ini berguna untuk menambahkan judul dan deskripsi pada form kalian. Semisal kalian sudah menghapus bagian judul dan deskripsi pada form, lalu kalian ingin menambahkan lagi judul dan deskripsi, maka silakan mengklik bagian ini. Tentu saja jika kalian tidak sengaja menghapusnya dan ingin mengembalikannya, kalian bisa mengklik tombol undo (ada di bagian 10)

Bagian 4 disebut dengan Add image (menambahkan gambar). Sumber gambar yang dapat ditambahkan beragam, yaitu dari file komputer kalian, kamera, URL, photos, google drive, dan google image search. Klik "browse", pilih image, "insert"

Bagian 5 adalah Add video (menambahkan video). Sumber video yang dapat ditambahkan yaitu Video search di youtube dan URL.

Bagian 6 adalah Select section. Bagian ini berguna jika kalian ingin membuat beberapa bagian pada undangan kalian (setiap bagian akan dipisahkan oleh sekat dan tamu kalian harus mengklik "next" untuk pergi ke bagian ke-2 undangan kalian).

Bagian 7 merupakan Title and Description (Judul dan Deskripsi)

Bagian 8 adalah pertanyaan kalian. Kalian bisa atur jenis pertanyaan seperti apa yang kalian inginkan. Pada gambar diilustrasikan jenis pertanyaan pilihan ganda (multiple choice).

Contoh pertanyaan pada google form RSVP

Bagian 9 terdiri dari 3 bagian, i) Questions atau bagian yang sedang kalian buka/kerjakan, ii) Responses atau tempat kalian dapat melihat jawaban-jawaban dari tamu kalian (informasi yang diberikan oleh tamu kalian), dan iii) Settings atau pengaturan mengenai kuesioner kalian ini.

Bagian 10 terdiri dari 6 bagian, i) Customize themes, kalian dapat mengatur tema-tema kuesioner/undangan kalian, ii) Preview, melihat bagaimana undangan akan dilihat oleh tamu kalian, iii) Undo atau membatalkan tindakan yang baru saja dilakukan, iv) redo atau mengulangi tindakan yang sudah dilakukan, v) Send untuk mengirim form kalian, bisa ke email atau melalui link, dan terakhir vi) titik tiga/more yang berisi perintah membuat salinan, buang ke tong sampah, mendapatkan link, mencetak, dst. 
 

Langkah Ke-3

Setelah kalian selesai merancang dan membuat link untuk form kalian, yang harus kalian lakukan adalah membagikan link tersebut kepada tamu kalian. 

Demikianlah tutorial yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Materi Kuliah

BAB 3 KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB Kita tidak dapat memisahkan antara pengertian kebebasan maupun tanggung jawab. Terdapat hubungan timbal balik antara dua pengertian tersebut. Ketika seseorang itu bebas, maka dia juga bertanggung jawab. Berikut akan dibahas mengenai pengertian kebebasan. A. Kebebasan   1.        Pengalaman tentang kebebasan pengalaman dibedakan menjadi dua, yaitu pengalaman lahiriah dan pengalaman batin. Dalam pengalaman lahiriah, tidak dapat ditentukan arti dari kebebasan. Hal ini dikarenakan pengalaman ini bersifat empiris (yaitu berdasarkan fakta-fakta yang tampak oleh semua orang). Sedangkan pengalaman batin didasarkan pada pengalaman pribadi seseorang. Pengalaman batin menyatakan kebebasan saya.   2.        Beberapa arti kebebasan a. Kebebaaan sosial politik : subjeknya adalah bangsa atau rakyat. kebebasan jenis ini memiliki bentuk;   1.        Kebebasan rakyat vs kekuasaan absolut Bentuk pertama dari kebebasan sosial politik yaitu dibatasin

Ringkasan Materi Kuliah

BAB 4 NILAI DAN NORMA  A.       Nilai pada Umumnya Nilai merupakan suatu yang baik. Menurut Hans Jonas (filsuf Jerman-Amerika), nilai adalah the address of a yes (sesuatu yang kita iakan). Lawan dari nilai adalah non-nilai atau disvalue yaitu sesuatu yang kita jauhi. Nilai mulai dibahas secara eksplisit oleh ilmu filsafat pada akhir abad ke-19 dan muncullah sebuah cabang ilmu filsafat mengenai nilai yaitu aksiologi (teori nilai). Salah satu cara yang sering digunakan untuk menjelaskan apa itu nilai adalah memperbandingkannya dengan fakta. Fakta : sesuatu yang ada atau berlangsung begitu saja. Fakta hanya menyangkut cirri-ciri objektif saja dan ia selalu mendahului nilai. Nilai : sesuatu yang berlaku, sesuatu yang memikat atau mengimbau kita. Nilai berkaitan dengan penilaian seseorang. Contohnya, ditanggal sekian terjadi letusan gunung berapi. Hal ini merupakan fakta. Namun bagi para petani, peristiwa gunung meletus bisa mengancam sawah dan pertanian mereka (non-nilai) t

Cara menambahkan Sertifikat pada LinkedIn

Untuk kamu pencari kerja di luar sana, sudah bukan rahasia lagi bahwa pengalaman berorganisasi, pengalaman pelatihan maupun kursus merupakan hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam menjaring calon karyawannya. Salah satu bukti bahwa kalian sudah mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut adalah dengan diperolehnya sertifikat dari penyelenggara. Di dalam sertifikat, biasanya akan ada nama peserta, jenis kegiatan, tanda tangan penyelenggara, waktu kegiatan berlangsung, dan nomor seri dari sertifikat tersebut. Taukah kalian? Pada LinkedIn (portal pencari kerja), kalian dapat menautkan sertifikat kalian. Kali ini saya akan memandu kalian untuk dapat menautkan sertifikat kalian pada LinkedIn. Silakan disimak dan dipraktekan ya 😊 1. Tentu saja kalian harus login terlebih dahulu ke akun LinkedIn kalian 2. Pergilah ke Profile kalian 3. Klik "Tambah Bagian" 4. Pilihlah "Pendidikan" dan klik "Lisensi dan Sertifikasi" 5. Akan muncul pop-up window seperti di bawah i