Hai
para pembaca sekalian, saya akan mengulas sedikit mengenai Bagaimana
cara menggunakan Google Form dengan mudah. Sebelumnya, mungkin masih
banyak yang tidak tahu kegunaan dari fitur Google yang satu ini. Secara
garis besar berkaitan dengan kegiatan survey secara online, namun
kebanyakan pelajar menggunakan fitur ini sebagai media pembuatan
kuesioner elektronik.
Baiklah,
mari kita mulai tutorial penggunaan Google Form untuk membuat
kuesioner elektronik (pada kesempatan ini, kasusnya adalah pembuatan
undangan online):
Langkah Ke-1
Untuk dapat menggunakan Google Form, kalian harus Sign-In pada akun Google kalian, lalu bukalah link berikut ini: https://docs.google.com/forms/u/0/
Lalu akan tersedia tampilan sebagai berikut:
Dari gambar di atas, saya akan bagi menjadi beberapa bagian untuk diulas secara singkat:
Bagian 1 merupakan Menu Utama dari Google Forms, disini kalian bisa beralih ke laman Google Docs, Google Sheets, ataupun Google Slides. Kalian juga dapat membuka Pengaturan, Help&Feedback, dan juga Google Drives.
Bagian 2 merupakan bagian yang dapat kalian klik jika ingin membuat Form Kosong baru, namun apabila bukan itu yang ingin kalian buat, maka ada baiknya melihat berbagai macam Template yang disediakan oleh google pada Bagian 3
Bagian 4, 5, dan 6 merupakan menu-menu yang kalian jumpai pada akun Google kalian yang berisi berbagai fitur-fitur Google, notifikasi akun, pengaturan dan juga sign-out akun Google kalian.
Bagian 7 merupakan salah satu file yang telah kalian buat. Jika kalian klik bagian tsb, maka akan muncul Form yang telah kalian buat tadi (contoh dalam gabar yaitu form "Untitled form")
Pada Bagian 8, kalian dapat mengubah tampilan menjadi Grid, mengurutkan file sesuai abjad, ataupun membuka suatu file yang kalian simpan.
Terakhir, yaitu Bagian 9 berfungsi untuk mengubah nama file yang telah disimpan, menghapusnya, maupun membuka file tsb di tab baru.
Langkah Ke-2
Setelah
kalian memilih template mana yang akan kalian gunakan, maka selanjutnya
adalah mulai mengisi/mendesain form kalian tersebut.
Contohnya, saya akan membuat undangan untuk suatu acara. Maka pilih template RSVP.
Sekali lagi, mari kita ulas secara singkat mengenai fungsi dari masing-masing bagian yang ada pad gambar di bawah ini:
Bagian
1 berguna untuk menambahkan pertanyaan (Add Question). Misalkan dalam
kasus ini, kalian akan membuat undangan online yang berisikan isian
identitas untuk tamu undangan, maka dengan mengklik bagian ini, kalian
akan dapat menambahkan pertanyaan yang harus diisi oleh tamu kalian
tersebut (co: Nama, Status, Kesediaan hadir pada, dst)
Bagian
2 yaitu import question. Gunanya adalah memasukkan
pertanyaan-pertanyaan yang sudah pernah kalian buat pada google form.
Ketika kalian mengklik bagian ini, akan ada pop-up box yang berisi
form-form kalian. Setelah selesai memilih form yang ingin dimasukkan,
klik "select "
Bagian
3 adalah Add Title and Description. Bagian ini berguna untuk
menambahkan judul dan deskripsi pada form kalian. Semisal kalian sudah
menghapus bagian judul dan deskripsi pada form, lalu kalian ingin
menambahkan lagi judul dan deskripsi, maka silakan mengklik bagian ini.
Tentu saja jika kalian tidak sengaja menghapusnya dan ingin
mengembalikannya, kalian bisa mengklik tombol undo (ada di bagian 10)
Bagian
4 disebut dengan Add image (menambahkan gambar). Sumber gambar yang
dapat ditambahkan beragam, yaitu dari file komputer kalian, kamera, URL,
photos, google drive, dan google image search. Klik "browse", pilih
image, "insert"
Bagian 5 adalah Add video (menambahkan video). Sumber video yang dapat ditambahkan yaitu Video search di youtube dan URL.
Bagian
6 adalah Select section. Bagian ini berguna jika kalian ingin membuat
beberapa bagian pada undangan kalian (setiap bagian akan dipisahkan oleh
sekat dan tamu kalian harus mengklik "next" untuk pergi ke bagian ke-2
undangan kalian).
Bagian 7 merupakan Title and Description (Judul dan Deskripsi)
Bagian
8 adalah pertanyaan kalian. Kalian bisa atur jenis pertanyaan seperti
apa yang kalian inginkan. Pada gambar diilustrasikan jenis pertanyaan
pilihan ganda (multiple choice).
Contoh pertanyaan pada google form RSVP |
Bagian 9 terdiri dari 3 bagian, i) Questions atau bagian yang sedang
kalian buka/kerjakan, ii) Responses atau tempat kalian dapat melihat
jawaban-jawaban dari tamu kalian (informasi yang diberikan oleh tamu
kalian), dan iii) Settings atau pengaturan mengenai kuesioner kalian
ini.
Bagian 10 terdiri dari 6 bagian, i) Customize themes, kalian
dapat mengatur tema-tema kuesioner/undangan kalian, ii) Preview,
melihat bagaimana undangan akan dilihat oleh tamu kalian, iii) Undo atau
membatalkan tindakan yang baru saja dilakukan, iv) redo atau mengulangi
tindakan yang sudah dilakukan, v) Send untuk mengirim form kalian, bisa
ke email atau melalui link, dan terakhir vi) titik tiga/more yang
berisi perintah membuat salinan, buang ke tong sampah, mendapatkan link,
mencetak, dst.
Langkah Ke-3
Setelah
kalian selesai merancang dan membuat link untuk form kalian, yang harus
kalian lakukan adalah membagikan link tersebut kepada tamu kalian.
Demikianlah tutorial yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya 😊
Komentar
Posting Komentar